Selasa, 30 Mei 2023

Apa Saja Jenis Verifikasi Biometrik


Perkembangan sektor digital yang begitu pesat, juga diikuti oleh berbagai upaya pengamanan yang semakin canggih. Upaya ini untuk mencegah kejahatan siber berbasis digital dan teknologi yang semakin marak terjadi.Selain pengamanan dengan password maupun kode OTP (One Time Password), ternyata kini ada teknologi pengamanan digital berbasis verifikasi biometrik.


Biometrik merupakan cara paling praktis untuk mengidentifikasi dan mengotentikasi individu manusia dengan cara yang andal dan cepat melalui karakteristik biologis yang unik. Berdasarkan identifikasinya, sistem verifikasi biometrik memiliki beberapa jenis yang berbeda.


Fingerprint


Pemindai fingerprint adalah teknologi biometrik  yang paling populer dan banyak digunakan di berbagai perusahaan atau instansi. Jenis biometrik yang satu ini memindai pola unik sidik jari seseorang untuk proses identifikasi. Fingerprint memiliki sistem keamanan yang cukup kuat dan aman digunakan, dan menariknya lagi harga pemindai sidik jari relatif lebih terjangkau dibandingkan jenis pemindai lain.


Face biometric


Seperti yang sudah diketahui, masing-masing orang mempunyai struktur serta wajah yang berbeda-beda. Maka dari itu, menggunakan teknologi face biometric adalah pilihan tepat untuk mengidentifikasi jati diri atau identitas seseorang. Melakukan pemindaian setiap struktur wajah (alis, hidung, mulut, dan mata) menggunakan face biometrik,  bisa jadi alternatif untuk menjaga dan mengamankan identitas seseorang agar tidak disalah gunakan.


Voice recognition


Mengingat setiap orang memiliki karakter suara berbeda baik itu tone, getaran, dan lainya, maka teknologi biometrik jenis ini akan mengidentifikasi recording suara dalam proses autentikasinya. User hanya diberikan akses jika suara memiliki karakter yang sesuai dengan rekaman di database.


Pemindai retina


Pemindai retina berfungsi untuk mengidentifikasi pola unik yang ada pada manusia. Proses identifikasi pola unik tersebut menjadi semacam akses masuk, yang mana pemindai retina ini berguna untuk memberikan keamanan dari akses ilegal.


Pemindai iris


Sama halnya dengan pemindai retina, proses identifikasi iris juga memindai pola unik yang terletak di bagian mata seseorang. Teknologi biometrik jenis ini cenderung lebih kompleks dan terperinci, jadi jangan heran jika pemindai iris memiliki harga lebih tinggi daripada pemindai retina.

Artikel Terkait

Apa Saja Jenis Verifikasi Biometrik
4/ 5
Oleh