Selasa, 20 Maret 2018

4 Masalah yang Sering Ditangani Penyedia Service AC Jakarta Timur

Setiap barang elektronik, termasuk AC, tentu tidak bisa digunakan seumur hidup. Bahkan untuk merek high quality sekalipun, pasti pernah mengalami kerusakan yang menyebabkan perfomanya menurun. Oleh karena itu, penyedia jasa service AC Jakarta Timur hadir untuk menangani semua masalah ini. Apa saja masalahnya? Berikut 4 yang sering ditanganinya.

1. Suhu AC Tidak Dingin
Hanya keluar angin dari blower di bagian indoor tapi tidak dingin sama sekali. Masalah inilah yang sering dikeluhkan pelanggan saat ingin menyewa jasa service AC. Apalagi di wilayah Jakarta yang memang cenderung lebih panas karena ditambah dengan padatnya penduduk yang menyebabkan makin tingginya polusi dari kendaraan mereka.
Suhu favorit mereka biasanya 220C-250C dan bisa langsung tercapai hanya dalam beberapa menit saja sejak diaktifkan atau dinyalakan. Tapi, jika sampai ½ atau 1 jam dan belum juga dingin, sudah pasti ada masalah pada AC-nya. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab suhu AC tidak dingin.
Pertama, tidak bekerjasanya kompresor dan hanya kipas di bagian outdoor-nya saja yang aktif. Bekerja tidaknya kompresor ini bisa Anda cek dari arus listrik yang melewati kompresor menggunakan tang ampere. Kinerja kompresor ini juga bisa dilakukan dengan cara mengecek tekanan refrigerant di dalam pipa.
Kedua, kebocoran sistem sehingga refrigerant-nya habis. Cek bagian napple pipanya yang jika ada embun dan dingin, berarti ada refrigerant yang keluar. Ketiga, cara setting pada remot kontrol yang tidak sesuai. Cek ‘Mode’ lalu atur ke mode ‘Cool’ atau ‘Auto’. Jika Anda mode ‘Fan’ aktif, maka hanya blower yang bekerja sedangkan udara dinginnya tidak keluar.
2. Suara AC terlalu Bising
Permasalahan kedua yang sering ditangani penyedia jasa service AC Jakarta Timur adalah suara bising yang cukup mengganggu. Suara bising dari kipas outdoor tentu sudah biasa dan dapat dimaklumi. Lagipula hal ini tentu tidak akan mengganggu selama Anda sibuk beraktivitas di dalam ruangan. Suaranya tidak begitu kentara saat di dengar dari dalam.
Tapi, bagaimana jika indoor-nya yang mengeluarkan suara bising? Bagi Anda yang meletakkannya di kamar tidur, hal ini bisa menganggu kualitas tidur dan istirahat Anda. suhu ruangan bisa saja nyaman untuk digunakan tidur dan rileks, tapi apa harus tidur sambil menutup telinga gara-gara suara bising dari indoor AC?
Penyebab bisingnya suara bagian indoor AC cukup beragam, di antaranya adalah kotornya bagian daun fan. Kotoran yang menempel ini mengakibatkan perputaran kipas menjadi tidak seimbang. Akhirnya, terjadilah getaran tidak sinkron yang kemudian terdengar agak nyaring.
Penyebab lainnya yaitu gemuk pada bearing atau klaker uang mulai mengering dan perlu oli. Bisa juga disebabkan oleh patahnya daun fan atau kotornya bagian evaporator sehingga sirkulasi udara menjadi tidak berjalan dengan baik.
3. Kondisi AC yang Bocor
Penyedia jasa service AC juga sering menangani masalah AC yang bocor. Penyebab bocornya unit indoor AC biasanya karena aliran pembuangan yang tersumbat. Sumbatan ini bisa terjadi karena debu dan kotoran yang menempel di bagian unit indoor.
Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perawatan rutin atau pencucian secara berkala agar hal ini tidak terulang lagi. Air tetesan dari unit indoor ini seharusnya keluar melalui saluran pembuangan atau melalui unit outdoor. Jika Anda menyepelekan hal ini, maka AC Anda akan cepat rusak.
4. Kondisi AC yang Sering Mati Sendiri
Masalah berikutnya yang sering dikeluhkan pelanggan adalah AC yang sering tiba-tiba mati sendiri. Penyebabnya juga cukup banyak, mulai dari kerusakan pada switch sampai voltage yang tidak sesuai sehingga terjadi kerusakan pada modul elektronik (modul electronic error).
Tapi, sebenarnya matinya AC ini tidak jarang hanya karena kesalahan pengaturan. Anda mungkin sudah memasang timer dan termisator (sendor pengatur suhu ruangan). Jadi, pada waktu-waktu tertentu, kompresor akan berhenti bekerja dan AC akan nonaktif.
Selain keempat masalah tersebut, penyedia jasa service AC Jakarta Timur juga menangani cukup banyak pelanggan yang hanya butuh perawatan pada AC-nya. Nah, solusi untuk mencari penyedia jasa service AC ini hanya bisa Anda dapatkan dari laman sejasa.com.

Artikel Terkait

4 Masalah yang Sering Ditangani Penyedia Service AC Jakarta Timur
4/ 5
Oleh