Sabtu, 08 Januari 2022

Kenali Apa itu Black Soldier Fly dan Kegunaanya


Ada beberapa jenis hewan yang memiliki banyak manfaat, salah satunya itu black soldier fly (lalat tentara hitam). Lalat ini merupakan orto dipetera dan memiliki ciri fisik yang hampir menyerupai tawon. Penyebaran hewan ada di daerah Amerika, kawasan Eropa seperti Italia, swiss, prancis selatan dan beberapa daerah lainnya. Saat ini, lalat tentara hitam mulai banyak masyarakat yang melirik hewan tersebut untuk dikembangkan di Indonesia.


Lalat prajurit hitam (Hermetia illucens) ordo Diptera, famili Stratiomyidae, paling banyak tersebar. Stratiomyidae berasal dari bahasa Yunani yangh memiliki arti lalat tentara. Ada lebih dari 380 genera yang masih ada yang memiliki lebih dari 2.700 spesies serangga. Lalat tentara hitam berwarna hitam kebiruan dengan sayap kehitaman. D. Craig Sheppard mengembangkan lalat ini sebagai serangga pengumpan untuk hewan eksotis dan disebut larva lalat tentara hitam (BSFL) cacing Phoenix. Meskipun mereka tersebar di seluruh benua, mereka adalah spesies asli dari alam Neotropis. Lalat tersebut tidak dianggap sebagai vektor atau hama.Tidak banyak informasi yang tersedia tentang predator alami lalat ini. Dalam iklim yang sesuai, mereka dapat berkembang biak sepanjang tahun. Ada hingga 43% protein dalam BSFL dengan kalsium tinggi dan nutrisi lainnya. Larva lalat tentara hitam (BSFL) juga merupakan alternatif (berkelanjutan) bentuk protein (sumber makanan) untuk pakan ternak, pakan hewan, budidaya, dan nutrisi manusia.


Lalat Tentara Hitam


Lalat prajurit hitam adalah ordo Diptera, famili Stratiomyidae, dan filum Arthropoda. Lalat tentara hitam (Hermetia illucens) merupakan lalat diurnal yang aktif pada pagi hari dan kawin serta menunjukkan perilaku bertelur pada siang hari. Pencahayaan yang buruk di malam hari menyebabkan kemandulan pada populasi lalat tentara hitam. Pencahayaan sangat penting untuk perilaku lek lalat ini karena mereka dapat membedakan antara spesies lain dan juga apakah mereka betina atau jantan. Lalat ini tidak makan saat dewasa karena mereka menggunakan lemak yang dikumpulkan saat mereka masih larva. Mereka menggunakan organ indera penciuman mereka untuk mengidentifikasi limbah atau bahan organik untuk bertelur. Kebanyakan lalat yang ditemukan di dekat ternak adalah lalat betina yang berusaha mencari tempat untuk keturunannya. Lalat ini memakan bangkai pada saat mayat berada pada tahap pasca pembusukan. Ada sekitar 42% protein dan 29% lemak di BSFL, dan merupakan sumber makanan berkelanjutan yang digunakan sebagai pakan ternak.Lalat tentara hitam (Hermetia illucens) termasuk dalam hewan kelas Insecta.


Habitat Lalat Tentara Hitam


Lalat tentara hitam (Hermetia illucens) tersebar di berbagai lingkungan hutan beriklim sedang, pedesaan, dan perkotaan. Anda juga dapat menemukan lalat dewasa beristirahat di jendela dan dinding rumah, di tanaman kebun, di batang pohon, ternak, dan peternakan unggas. Orang dewasa menggunakan celah di depan sarang lebah dan bahan organik yang membusuk untuk bertelur. Larva pemulung terestrial ini dapat ditemukan di dekat bahan hewani dan tanaman yang membusuk.


Manfaat Lalat Tentara Hitam


Pemeliharaan BSFL menguntungkan manusia dalam lebih dari satu cara. Mereka mengandung nilai gizi yang cukup seperti protein dan lemak untuk diberikan kepada ikan, babi, kadal, hewan ternak, kura-kura, dan bahkan anjing. Mereka memiliki umur simpan yang lebih lama dalam suhu antara 50-60 ° F (10-16 ° C). Lalat ini tidak hanya sumber makanan yang berkelanjutan tetapi juga mengurangi limbah makanan. Serangga ini tidak tertarik pada habitat atau makanan manusia tetapi betina bertelur di kotoran atau makanan busuk. Penelitian di bidang entomoremediasi mengidentifikasi penggunaan serangga ini untuk pemurnian biomassa yang terkontaminasi logam berat. Mereka juga ditanam melalui budidaya maggot. Larva lalat tentara hitam dapat dimakan manusia. Namun, catatan konsumsi manusia jarang terjadi. Katharina Unger seorang desainer Austria menemukan cara bagi orang untuk menghasilkan larva yang dapat dimakan di rumah. Mereka juga digunakan dalam budidaya, produksi minyak, produksi kitin, dan bioremediasi.


Itulah beberapa informasi terkait black soldier fly yang dapat menambah wawasan anda jika ingin memanfaatkan hewan tersebut.

Artikel Terkait

Kenali Apa itu Black Soldier Fly dan Kegunaanya
4/ 5
Oleh