Jumat, 22 Maret 2024

Ingin Pasang CCTV? Ini 5 Area Terbaik untuk Pasang CCTV di Rumah


Closed Circuit Television (CCTV) merupakan perangkat kamera video digital yang akan mengirim sinyal ke suatu layar monitor. Penggunaan kamera CCTV dapat mencegah kejahatan dan membantu dalam pengawasan, baik itu pengawasan rumah, Asisten Rumah Tangga (ART), ataupun anak dan anggota keluarga. Sistem keamanan CCTV memiliki pemantauan 24 jam/7 hari, memiliki dukungan personil keamanan yang mahir, terkendali, dan terlatih, memiliki teknologi Artificial Intelligence (AI) yang canggih, terhubung dengan IP, serta dapat disimpan dan menjadi barang bukti suatu perkara atau kejadian dari hasil rekamannya. Karena fungsinya sudah tidak diragukan lagi, sebaiknya segera pasang. Berikut 5 area terbaik untuk memasang CCTV di rumah.

 

1.    Bagian Depan Rumah

Bagian depan rumah menjadi bagian yang krusial karena merupakan akses utama untuk masuk ke dalam rumah. CCTV yang dipasang sebaiknya memiliki akses pandang kamera ke pintu masuk utama rumah dan halaman. Hal tersebut akan memberikan pandangan yang jelas ke wilayah depan rumah hingga jalan setapaknya. Jika memiliki garasi, sebaiknya CCTV juga dapat menjangkau akses ke garasi.

 

2.    Halaman Belakang

CCTV untuk bagian belakang rumah dapat dipasang di atas jendela atau langit-langit. Akses pandang sebaiknya dapat memperlihatkan pintu, jendela, dan halaman belakang rumah. CCTV di halaman belakang selain untuk mencegah maling, juga dapat digunakan untuk memantau keluarga yang sedang bermain ataupun peliharaan, jika memiliki peliharaan.

 

3.    Area Pintu dan Jendela

Pintu dan jendela merupakan area keluar masuk yang perlu diawasi. CCTV dapat di tempatkan di area yang dapat menjangkau pintu dan jendela karena pintu dan jendela dapat menjadi akses maling untuk masuk, terutama jendela yang ada di lantai dasar. Selain pintu dan jendela, area tangga dari lantai dasar juga dapat dipertimbangkan untuk dipasang CCTV.

 

4.    Area untuk Barang Berharga

Jika memiliki suatu area yang dikhususkan untuk menyimpan barang berharga, sebaiknya dipasangkan CCTV. Pemasangan CCTV untuk barang berharga sebaiknya dapat menjangkau akses masuk ruangan tersebut, baik pintu maupun jendela, hingga area di mana barang berharga tersebut berada. Jika tidak ingin kamera CCTV dapat merekam ruangan tersebut, maka dapat ditempatkan di dekat brankas atau penyimpanan barang berharga tersebut. Sehingga, privasi dapat tetap terjaga.

 

5.    Kamar dan Area Bermain Anak

Kamera dalam kamar ataupun ruangan berfungsi untuk memantau anak dan pengasuh. Terutama untuk orang tua yang bekerja karena tidak dapat melihat anak secara langsung selama 24 jam. Pertimbangkan untuk memasang CCTV yang dapat merekam suara sehingga bisa terdengar jelas bagaimana bentuk pengasuhan ke anak. Pasang CCTV di area yang dapat menjangkau seluruh kamar anak. Pertimbangkan juga untuk memasang CCTV di area bermain anak.

 

Manusia terbatas dalam pengawasan, namun CCTV dapat memberikan pengawasan 24/7. CCTV juga dapat menunjukan aktivitas yang tidak dapat dilihat langsung karena keterbatasan jarak. Memasang CCTV dapat menjadi salah satu keputusan yang tepat untuk membantu mengawasi kondisi rumah, keluarga, dan aktivitas pekerja di dalamnya. Sehingga, hati terasa lebih tenang walaupun berada jauh dari rumah.

Artikel Terkait

Ingin Pasang CCTV? Ini 5 Area Terbaik untuk Pasang CCTV di Rumah
4/ 5
Oleh