Selasa, 22 November 2022

Cara Paling Mudah Membedakan Cincin Berlian Asli dan Palsu


Dewasa ini ada banyak model perhiasan yang ada di pasaran. Sebut saja salah satunya yaitu seperti cincin berlian asli yang merupakan salah satu jenis perhiasan paling disukai. Selain untuk perempuan, cincin berlian saat ini menjadi salah satu aksesoris yang juga sering digunakan oleh pria.

Namun, tidak semua yang ada di pasaran adalah jenis cincin berlian asli. Beberapa di antaranya merupakan jenis cincin imitasi, atau terbuat dari berlian yang palsu. Maka dari itu, bagi Anda yang berencana membelinya, Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara membedakannya.

Ciri-Ciri Cincin Berlian yang Asli

Untuk mengenali cincin berlian yang asli dengan yang palsu ternyata tidak memerlukan effort yang ribet, lho. Bahkan siapa saja bisa membedakannya dengan mudah dan juga cepat tanpa harus menjadi ahli berlian.

Namun sebelum kami menjelaskan cara membedakannya, pertama-tama kami akan mencoba memaparkan ciri-ciri berlian asli terlebih dahulu. Tujuannya agar Anda tahu seperti apa berlian asli dan yang palsu. Berikut adalah penjelasannya.

1.  Berlian Asli Mampu Memantulkan Cahaya

Berlian asli akan terlihat berkilau layaknya bintang di malam hari yang cerah. Hal ini bukan karena berlian tersebut bisa memancarkan cahaya, namun berlian memiliki tingkat refleksi yang jauh lebih bagus dibandingkan berlian imitasi sehingga membuatnya tampak berkilau.

2.  Batu Mulia dengan Daya Tahan Tangguh

Cincin berlian terbaru maupun model klasik, dan model lainnya, merupakan sebuah batu mulia yang terbentuk jutaan tahun. Dibandingkan dengan batu, tingkat kekuatan dan kekerasan berlian jauh lebih tinggi sehingga tidak akan terbakar, tidak hancur, dan tidak mudah tergores.

3.  Tidak Mengambang di Air

Jika berlian tersebut coba Anda masukkan ke dalam air, contohnya seperti ke dalam satu gelas air, maka batu berlian tidak akan mengambang. Berlian akan tenggelam karena  seperti yang kami jelaskan, berlian adalah sebuah batu.

Cara Membedakan Berlian Asli

Saat membeli cincin berlian terbaru, maupun model lainnya, Anda tidak perlu menerawang sendiri model berlian tersebut. Pasalnya, saat ini ada cara yang paling mudah yang bisa Anda jadikan sebagai patokan untuk mengetahui keasliannya.

Ada dua cara yang bisa coba Anda lakukan. Berikut adalah cara-caranya.

1.  Tes Menggunakan Diamond Selector

Jika Anda membeli cincin berlian terbaru di brand perhiasan ternama dan profesional, proses untuk membedakan berlian asli dan yang palsu menjadi mudah. Anda bisa meminta penjual atau penjaga toko perhiasan untuk membuktikannya menggunakan alat digital bernama diamond selector

Diamond selector tersebut memiliki tingkat akurasi yang tergolong sempurna. Alat tersebut cukup ditempelkan saja pada berlian. Jika alat tersebut berbunyi dan lampu indikatornya menyala, itu artinya berlian tersebut asli.

2.  Cek Kualitas dan Keaslian Melalui Sertifikat

Cara yang paling mudah berikutnya yaitu dengan mengecek keaslian dan juga kualitasnya melalui sertifikat. Umumnya perhiasan emas dan berlian yang berkualitas dan terjamin keasliannya dilengkapi juga dengan surat-surat resmi atau sertifikat. Nah, dari sinilah Anda bisa mengetahui keasliannya.

Tanyakan terkait sertifikat perhiasan tersebut pada penjual. Dari sertifikat ini Anda bisa mengetahui informasi terkait keaslian dan juga kualitas berlian. Bahkan beberapa sertifikat juga mencantumkan terkait dimana berlian tersebut ditemukan sehingga informasinya menjadi sangat lengkap.

Itulah informasi seputar bagaimana cara mudah membedakan mana cincin berlian asli dan mana yang palsu. Kini Anda bisa menemukan produk perhiasan berlian asli hanya di Mondial!

Artikel Terkait

Cara Paling Mudah Membedakan Cincin Berlian Asli dan Palsu
4/ 5
Oleh