Selasa, 08 Februari 2022

Cara Mengajarkan Anak Menulis Dengan Mudah


Bagaimana cara mengajarkan anak menulis? Membaca dan menulis merupakan indikator awal yang penting dari keberhasilan seorang anak dalam hidup. Keterampilan membaca dan menulis, yang biasanya diajarkan oleh guru di sekolah, telah menjadi keterampilan dasar yang harus diajarkan ibu sejak usia dini meskipun belum mulai sekolah.


Persiapan Alat Untuk Menulis


1. Gunakan buku menulis bergaris sebagai alat bantu


Gunakan buku menulis bergaris dan buku yang sudah memiliki pola tulis sebagai alat bantu anak Anda untuk mengikuti contoh tulisan yang diberikan ibu Anda di buku catatan berjajar. Berikan skor dan pujian untuk setiap penulisan yang benar, dan juga berkontribusi pada koreksi penulisan untuk anak-anak yang masih membutuhkan perbaikan.


2. Sediakan alat tulis yang nyaman untuk tangannya


Berbagai alat tulis, seperti pensil mekanik, pulpen gel, kertas perekat berwarna, dan kertas HVS, membantu anak mengembangkan kreativitasnya saat mulai menulis. Ini juga melibatkan proses menulis anak dalam kehidupan keluarga sehari-hari. Adapun bentuk alat tulis juga berbeda-beda sehingga Anda bisa memberikan yang nyaman untuk digenggam apalagi si kecil masih belum terbiasa menggunakannya.


Cara Mengajarkan Anak Untuk Menulis


1. Mulai dengan sikap yang positif


cara mengajarkan anak menulis terbaik adalah dengan mengajari mereka menikmati proses belajar. 

Proses pembelajaran harus menyenangkan dan menantang, dan proses pembelajaran harus dapat diakses. Ajarkan si kecil menggunakan sikap yang positif dan santai. Ajarkan secara perlahan dan tidak memaksa agar anak tetap ingin belajar. Terlalu keras dan memaksa membuat anak menjadi menolak untuk belajar menulis.

2. Perhatikan cara anak menggenggam alat tulis


Cara praktis untuk mengajari anak cara memegang yang benar adalah dengan memberikan contoh di mana anak memegang ujung pensil/pulpen dengan ibu jari dan jari telunjuk dan meletakkannya di ujung tangan. Jika anak Anda kesulitan memahami, Anda dapat mengajar dengan menyediakan berbagai pensil atau pulpen dengan berbagai ukuran dan bentuk sehingga Anda bisa mengetahui mana yang sesuai untuknya.


Demikian informasi tentang cara mengajarkan anak menulis. Tidak lupa memberikan Nutrilon Royal ACTIDuobio+ yang mengandung kombinasi FOS:GOS 1:9 dan memperkuat sistem kekebalan Anak untuk mempersiapkannya di masa depan.

Artikel Terkait

Cara Mengajarkan Anak Menulis Dengan Mudah
4/ 5
Oleh