Selasa, 10 November 2020

Yuk Intip iPhone 12 yang Diklaim Sebagai Apple Terbaik Sejak iPhone X!

Segar! Begitulah komentar para pengulas saat melihat desain iPhone 12. Produk terbaru dari Apple ini menggabungkan desain antara sang legend iPhone 4 dan iPhone X. Selain memiliki tampilan baru yang lebih fresh, produk ini tampil dengan layar dan kamera yang lebih baik. Jangan lupakan jaringan 5G-nya! Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.


Bodi yang Tipis dan Nyaman

Produk terbaru dari Apple ini memiliki desain layar sama dengan iPhone X yang sangat booming di tahun 2017. Akan tetapi sisi aluminium yang datar terlihat dan terasa seperti iPhone 4 atau iPhone 5. Sangat menyenangkan melihat adanya peningkatan penampilan yang signifikan pada seri ini dibanding desain iPhone 11 pada dasawarsa yang lalu.

Dibandingkan dengan pendahulunya, seri 12 memiliki bezel yang lebih tipis meski layarnya berukuran sama yaitu 6,1inci. Hal ini membuatnya menjadi lebih pendek dan sempit serta lebih tipis dan lebih ringan. Adanya sisi yang lebih datar dan lapisan grippy di bagian belakang kaca membat seri ini lebih mudah dipegang. Kalian akan merasa nyaman saat menggunakannya dengan satu tangan.

Layar yang Lebih Tajam

Layar seri 12 mengalami perombakan total dengan digantinya teknologi LCD menjadi teknologi OLED yang sebelumnya hanya tersedia untuk iPhone Pro. Peningkatan warna hitam dan kerapatan piksel membuat tampilan layar tampak lebih tajam, cerah, dan lebih berwarna. Layar kacanya dilengkapi dengan penutup baru “Ceramic Shield” yang diklaim memiliki ketahanan jatuh empat kali lebih kuat dibanding kaca iPhone generasi sebelumnya.  

Sistem MagSafe

Seri 12 masih memiliki port Lightning lama di bagian bawah. Apple tidak menerapkan port USB-C yang lebih baru dan universal. Seri ini mengusung teknologi MagSafe terbaru dari Apple. Sistem MagSafe berupa cincin magnet yang tersembunyi di bagian belakang ponsel tempat aksesori dapat disejajarkan, temasuk pengisi daya nirkabel MagSafe. Meski begitu Anda tetap dapat menggunakan pengisi daya nirkabel standar yang kompatibel dengan Qi.

Prosesor Bionik dan Jaringan 5G

Seri 12 memiliki prosesor A14 Bionic, sama dengan yang digunakan untuk menghasilkan efek yang hebat pada iPad Air dan iPhone 12 Pro. Chip ini sangat kuat dan dapat menangani apapun yang Anda inginkan dari sebuah iPhone, misalnya melakukan permainan grafis yang intens. Semuanya sangat tajam dan apik, dan jelas merupakan peningkatan yang hebat dibandingkan seri yang terdahulu.

Produk ini adalah besutan Apple pertama yang memiliki 5G. Performanya mirip smartphone Android papan atas yang memiliki modem 5G buatan Qualcomm. Meski demikian, sinyal yang diterima di dalam ruangan sedikit lebih buruk dibanding OnePlus 8T atau Samsung Galaxy Z Fold 2. Hanya model yang dijual di AS yang juga didukung oleh mmWave 5G, yang levelnya di atas 5G mid-band yang digunakan di seluruh dunia.

Daya Tahan Baterai

Seri 12 memiliki daya tahan baterai yang tinggi. Ponsel dapat bertahan hingga 40 jam antara pengisian daya dan penggunaan selama lebih dari 6 jam dalam waktu itu, yang lebih lama dari kompetitor berukuran serupa. Seorang pengulas menggunakannya untuk membuka aplikasi kesehatan, Google Maps, Gmail. Dia juga menonton Liga Premier, Netflix selama satu jam, Spotify mengunakan headphone bluetooth selama 6 jam, dan mengambil 20 foto.

Diperlukan waktu 25 menit untuk mengisi baterai hingga 50%, namun lebih dari 90 menit untuk pengisian penuh menggunakan pengisi daya USB-C Apple 20W. Butuh lebih dari tiga jam untuk mengisi penuh menggunakan pengisi daya nirkabel MagSafe saat disambungkan ke pengisi daya USB-C 20W yang sama.

iPhone 12 memiliki kamera yang sangat bagus meski tidak dilengkapi dengan optical zoom. Terdapat peningkatan detail lebih baik dan lebih sedikit noise di pencahayaan minim. Kamera iPhone masih tetap menjadi salah satu kamera point and shoot terbaik di pasar. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Yuk Intip iPhone 12 yang Diklaim Sebagai Apple Terbaik Sejak iPhone X!
4/ 5
Oleh