Kamis, 22 Agustus 2019

Alasan Les Anak Digemari Orang Tua Zaman Sekarang

Perkembagan ilmu pengetahuan mampu merubah sudut pandang dan pola hidup masyarakat. Anak-anak yang lahir di tahun 2000-an tergolong sebagai generasi Z. Dimana teknologi akan menjadi memgaruh terbesar bagi mereka. Kondisi tersebut bukan pertanda bahwa kemajuan yang sekarang masih berlangsung dan akan terus berkembang membahayakan masa depan anak.

Kemudahan anak mengaskses Internet, game, video, dan film menjadi popok menakutkan bagi orang tua. Kenyataannya semua kecanggihan itu tidak bisa dihindari. Namun, bisa dimanfaatkan. Les anak menjadi salah satu solusi tercerdas. Les, private, dan  homeschooling sekarang menghadirkan banyak tawaran untuk menumbuhkan minat dan ketertarikan anak pada dunia teknologi.


Alasan Kenapa Les Menjadi Hal yang Digemari Orang Tua

·      Hadir dengan Berbagai Pilihan Menarik

Les gambar, masak, tari, menyanyi, dan masih banyak lainnya. Semua pilihan ini sangat mewakili jiwa anak. Orang tua bisa berkomunikasi dengan si kecil mengenai kegiatan apa yang membuat  mereka have fun. Jadi, les tidak hanya berkutat dengan materi pelajaran. Namun, bisa lebih luas dari pekerjaan sekolah yang harus dikumpulkan tepat waktu.

·      Mengasah Skill Anak

Ketika anak merasa senang melukis, maka secara bersamaan dia akan mencintai melukis. Kemampuan yang dipupuk dengan bagus tumbuh dan menghasilkan buah yang baik. Mentor  atau guru les hanya sebagai fasilitator untuk mengembangkan potensi pada diri si kecil. Konteks ini menerangkan bahwa orang tua tidak boleh memaksakan kehendaknya.

·      Memberi Semangat Anak

Orang tua berperan aktif dalam memberikan semangat pada buah hati. Salah satunya menempatkan anak di tempat belajar yang dia sukai. Contoh, mendorong anak masuk les nyanyi karena dia memiliki bakat bernyanyi. Ketika dia suka dengan berlakon, tidak ada salahnya mendaftarkan dia di sanggar teater. Kegiatan seperti ini tentu lebih menyenangkan bukan?

·      Menyiapkan Anak di Masa Mendatang

Semua orang pasti sepakat bahwa pendidikan tinggi menentukan masa depan anak. Sayangnya tidak semua anak mengambil jurusan yang membuatnya kreatif. Sedangkan di era mendatang persaingan semakin ketat. Mereka yang masih bingung dengan kemampuannya akan hilang dan digantikan dengan mereka yang mempuni dalam satu bidang.

Misalnya, les gambar 3D yang sekarang diminati. Bukan hanya bermanfaat sebagai sarana menyiapkan masa depannya. Namun, lebih pada menggelolaan keinginan si anak bermain game, dan menonton film. Selain itu, lapangan pekerjaan untuk bidang tersebut terbuka lebar. Seperti yang diketahui bahwa sekarang semua bidang berbasis teknologi.

Setelah lelah dari sekolah tidak ada salahnya memberikan waktu pada anak untuk mengeksplor apa yang mereka suka. Les anak tidak harus mengenai materi pelajaran. Sebab, mereka juga membutuhkan waktu untuk bahagia dengan apa yang membuatnya ceria. Biarkan anak bermain. Orang tua hanya perlu mengarahkan dan memberikan semangat. Gagal itu biasa karena semuanya berproses.

Artikel Terkait

Alasan Les Anak Digemari Orang Tua Zaman Sekarang
4/ 5
Oleh