Jumat, 25 Agustus 2023

Ini Tugas dari Petugas Jasa Pengangkut Sampah


Pemerintah Indonesia memiliki dinas lingkungan hidup sebagai salah satu lembaga yang menangani permasalahan sampah di berbagai kota ataupun daerah yang ada di Indonesia. Melalui jasa pengangkut sampah tersebut sampah dapat diangkut truk sampah hingga ke tempat pemrosesan akhir.

 

Hampir setiap tahun sampai yang dihasilkan Indonesia terus meningkat hari ini juga dibarengi oleh penduduk Indonesia yang jumlahnya semakin meningkat tiap tahunnya. Mayoritas sampah yang dihasilkan berasal dari seluruh kegiatan aktivitas manusia. Hampir 50% diantaranya berasal dari sisa-sisa makanan.

 

Keseharian dari petugas kebersihan meliputi kegiatan seperti: mengumpulkan dan mengangkut sampah , memilah sampah , membersihkan jalan . Pekerjaan tersebut dapat dilakukan sendiri atau oleh tim pembuangan limbah .

 

Petugas kebersihan biasanya bekerja secara tim untuk mengosongkan tong sampah dan wadah sampah ke dalam truk sampah. Pengumpulan sampah menyangkut sampah sisa dan sampah terpisah yang dikirim untuk didaur ulang (misalnya sampah organik, gelas, plastik dan kertas ).

 

Selain itu, petugas kebersihan mungkin juga harus mengurus pengumpulan sampah besar seperti furnitur dan kasur tua serta limbah berbahaya dan sampah elektronik (peralatan rumah tangga, baterai, bola lampu, obat-obatan, limbah minyak, dll.) dan limbah komersial dan limbah berbahaya.

 

Jika petugas adalah pengemudi truk sampah (secara teknis disebut kendaraan pengumpul sampah ), ia harus tetap mengikuti rute yang telah ditentukan, mengawasi lalu lintas, dan mengemudikan truk dengan aman . Selain itu, dia harus menggunakan kontrol, mis. B. untuk mengangkat wadah sampah, pompa hidrolik, pelat tekan, alat pembuangan, beroperasi dengan benar.

 

Di akhir perjalanan pengumpulan, pemulung pergi ke instalasi pengolahan limbah (tempat pembuangan sampah, pabrik pembakaran sampah, tempat pengumpulan dan pembuangan, pabrik pengomposan atau pekarangan daur ulang) di wilayah tersebut. Di sini isi truk sampah dibongkar, disortir , dan dikirim untuk pembuangan profesional atau dimuat ke kendaraan yang lebih besar untuk dibuang ke tempat lain.


Petugas kebersihan pemerintah juga bertugas membersihkan jalan , trotoar , taman kota, dan ruang hijau. Seorang pembersih jalan atau penyapu jalan bepergian dengan truk yang membawa tong sampah, mengumpulkan dedaunan dan sampah di tanah , dengan sapu dan sekop atau dengan penjepit (misalnya untuk rumput liar dan puntung rokok), mengosongkan tempat sampah umum. Ia menyapu jalan , jalan kecil dan alun-alun dengan tangan atau menggunakan kendaraan pembersih , penyapu jalan , mesin penyedot dan peniup .


Jasa pengolahan sampah saat ini tidak hanya disediakan oleh pemerintah saja. Namun telah terdapat sebuah perusahaan jasa pengangkut sampah seperti waste4change yang telah terpercaya untuk menangani perihal urusan sampah. Perusahaan ini telah mempunyai 70 klien, dan telah mendaur ulang sampah sebesar 7.424.680 kg.


Waste4Change merupakan sebuah perusahaan jasa manajemen sampah guna mengurangi jumlah timbulan sampah yang menumpuk di TPA.


Layanan jasa ini tentunya sangat berguna bagi perusahaan-perusahaan dan masyarakat untuk ikut serta dalam pengelolaan sampah untuk mengurangi sampah, tentunya melalui perusahaan tersebut.


Selain itu, adanya perusahaan layanan jasa pengelolaan sampah ini itu sangat membantu pemerintah untuk meminimalisir sampah.


Adapi layanan dari waste4change, Sampah dikelola sesuai regulasi pemerintah, adanya edukasi manajemen sampah gratis 1 kali per tahun, Sampah diangkut terpilah oleh petugas jasa oengangkut sampah. Sampah dipilah ulang untuk memaksimalkan daur ulang, laporan Komposisi Sampah + Laporan tingkat pemilahan dan jenis sampah, Pengelolaan Sampah Residu ke TPA.

Artikel Terkait

Ini Tugas dari Petugas Jasa Pengangkut Sampah
4/ 5
Oleh