Jumat, 22 September 2023

Mengenal Apa Itu Segwit Sebelum Transaksi Bitcoin

Apakah anda pernah mendengar mata uang criptocurrency, salah satunya adalah bitcoin. Sebelum anda memiliki Bitcoin perlu anda ketahui apa itu segwit (segregated witness), karena ini akan mengatur cara kerja sistem transaksi dalam bitcoin.  Beberapa manfaatnya adalah sebagai solusi limitasi blok dalam bitcoin.

 


Dengan melakukan proses pemisahan tanda tangan digital dari keseluruhan transaksi. Seperti peningkatan ukuran blok dan efektivitas penggunaan kapasitas dalam pencatatan transaksi.

Untuk poin-poin penting yang anda harus ketahui dengan menggunakan segwit.

 

Pertama, membantu meningkatkan batasan ukuran blok pada bitcoin. Kedua, melakukan peningkatan batasan blok dengan cara membuang data tanda tangan saat melakukan transaksi bitcoin.  Ketiga, informasi tertentu pada transaksi bitcoin dapat direstrukturisasi sehingga ukuran transaksi lebih kecil, dengan demikian transaksi bitcoin  mudah dan cepat.

 

Pada dasarnya Segregated witness, timbul sebagai bentuk solusi limitasi blok pada bitcoin dengan metode pemisahan tanda tangan digital dari keseluruhan data transaksi.


Dengan demikian, mengurangi penggunaan space dalam sebuah blok. Sehingga mengabaikan seta menghapus data tanda tangan digital yang terlampir dalam input.


Sementara, bitcoin sendiri melindungi setiap transaksinya dengan jaringan peer to peer.  Selain juga terdapat tantangan bagi bitcoin, semakin banyak transaksi maka akan banyak pula blok pada rantai blockhain. 


Selain itu, untuk menyimpan bitcoin dan bertransaksi dengan menggunakan dompet bitcoin (bitcoin wallet). Terdapat dua jenis dompet wallet yakni hot wallet dan cold wallet. hot wallet merupakan dompet yang terhubung dengan jaringan internet.

 

Cold wallet adalah dompet cryptocurrency yang memiliki keamanan lebih baik daripada hot wallet dan ini tidak terhubung ke internet. Lalu untuk mengetahui transaksi bitcoin dari satu dompet ke dompet yang lain, hal pertama yang dilakukan dengan mengetahui alamat penerima terdahulu. Dengan memasukan jumlah yang akan dikirim, kemudian dengan menekan kirim maka dompet anda akan menandatangani permintaan transaksi dengan kunci pribadi. Dengan demikian menyiarkan transaksi yang telah ditandangani ke jaringan blockchain.


Sedangkan tips untuk bertransaksi bitcoin. Pertama, memeriksa alamat tujuan bitcoin. Dengan catatan semua transaksi akan tercatat dan tidak dapat diubah. Kedua, pilih dompet untuk memilih biaya transaksi yang anda inginkan. Ketiga, ketika anda bertransaksi uang dalam jumlah besar maka harap ditunggu hingga enam kali konfirmasi.

Artikel Terkait

Mengenal Apa Itu Segwit Sebelum Transaksi Bitcoin
4/ 5
Oleh